7 Langkah Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri di Rumah

Cara membersihkan kolam renang sendiri dirumah sangatlah sederhana. simak artikel berikut ini sampai selesai. Memiliki sebuah kolam renang sendiri memang harus menghemat biaya untuk perawatan pembersihan. Bayangkan jika Anda tidak bisa melakukan pembersihan sendiri, maka solusinya adalah dengan menyewa jasa pembersih bulanan. Namun hal ini tidak akan menjadi sebuah beban jika memang pemilik kolam memiliki jadwal kerja dan kesibukan yang padat.

Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri di Rumah

Di jaman serba modern ini kolam renang merupakan salah satu bangunan favorit dalam lingkungan rumah pribadi. Bangunan ini juga menjadi bagian penting bagi rumah agar terlihat indah dan memiliki nilai seni. Salah satu manfaat kolam renang adalah sebagai melepas penat setelah anda sibuk dengan segala rutinitas.

Jika anda memiliki sebuah kolam renang sendiri dirumah bisa menghemat pengeluaran anda. Karena lebih mudah dan praktis jika setiap saat membutuhkan untuk berenang. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pergi jauh-jauh ke lokasi kolam umum, dan pastinya anda bisa berenang secara Gratissss…

Untuk menjaga agar kondisi air kolam selalu bersih dan jernih dibutuhkan proses perawatan. Dan jika anda memiliki banyak waktu luang, bisa anda manfaatkan untuk membersihkan sendiri kolam renang anda.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai cara dan langkah merawat kolam renang sendiri di rumah.

Cara membersihkan kolam renang sendiri dirmah sangatlah sederhana. Berikut akan kami uraikan langkah yang tepat dan sudah diaplikasikan dilapangan oleh team ganeshapools.com

#1. Cara menjaga kejernihan air kolam renang sendiri

Air kolam renang merupkan komponen utuma dalam kolam renang. Jika komponen utama ini tidak ada , maka akan timbul pertanyaan. Bagai mana bisa dipakai berenang jika tidak ada airnya ?? Dan menjaka kerjernihan kolam renang adalah sangat penting. Hal ini dilakuakn untuk menjaga agar air kolam renang terbebas dari bibit penyakit.

Membersihkan kolam rennag idealnya dalah dilakukan 2x dalam seminggu. Nanum jika kolam renang yang jarang sekali dipakai maka cukup 1x dalam seminggu. Upaya dalam menjaga kerjenihan air kolam, bisa menggunakan bahan kimia obat kolam renang. Jika anda tidak memiliki, bisa mendapakan di toko kolam renang terdekat.

# 2. Mencegah agar lumut tidak tumbuh

Cara ini bisa dilakukan dengan menanam beberapa pohon di area sekitar kolam renang. Tujuanya selain membuat pemandangan kolam menjadi lebih asri dan sejuk, juga untuk menghalangi cahaya matahari. Terik matahari yang langsung ke kolam, dapat membuat lumut cepat berkembang biak. Jika lumut sudah tumbuh, biasanya kolam akan berubah menjadi hijau.

Cara lain sebagai pencegahan adalah dengan menambahkan chemical pembunuh lumut yaitu Algaesit. Bagan ini berupa cairan yang bisa anda dapatkan di toko kolam terdekat.

Lumut bisa cepat tumbuh dengan keadaan oksigen yang kurang. Terutama pada siang hari yang cuaca panas. Cara menambahkan sirkulasi yang cukup antara 5-8jam perhari. Bisa menambah pencegahan pertumbuhan lumut akibat panas matahari.

Lanjutan Langkah Perawatan Kolam Renang Pribadi

# 3. Alat penyaringan yang sesuai peruntukanya

Banyak kita temukan bahwa kolam renang berada dekat dengan pepohonan yang rindang. Tentunya akan ada sampah atau daun yang bisa masuk ke kolam renang. Hal ini juga harus menjadi perhatian. Daun yang kering maupun yang basah harus dibersihkan setiap hari agar air kolam tidak cepat berubah hijau.

Selain itu kotoran sampah daun juga akan sangat mengganggu pemandangan. Gunakanlah sebuah alat leaf skimmer sebagi media pembersihan sampah dikolam renang.

# 4. Vacuum kolam secara rutin

Kegitan vacuum kolam renang harus dilakukan secara rutin agar debu dan kotoran tidak mengerak. Untuk kolam yang sering dipakai pembersihan vacuum bisa dilakukan 2x dalam seminggu untuk menjaga kondisi kolam agar bersih dan siap pakai.

# 5. Meyikat lantai dan dinding kolam renang

Saat proses pembersihan kolam renang secara rutin, selain melakukan vacuum adalah dengan menyikat kolam renang. Ini berguna untuk menghilangkan kerak atau lumut yang tidak terangkat oleh vacuum. Penyikatan harus dilakukan secara merat pada bagian lantai dan dinding kolam. Terutama bagian pojok yang menghubungkan lantai dan dinding. Karena bagian ini sangat susah dijangkau oleh vacuum.

#6. Penambahan Chemial

Selain menjalankan beberapa langkah diatas, langkah selanjutnya adalah melakukan pengetesan kadar CL dan pH secara rutin. Minimal 2x dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi air aman dai kuman dan penyakit.

# 7. Melakukan Backwash

Cara praktis selanjutnya adalah dengan melakuakan backwash dan rine. Kedua cara ini adalah untuk membersihakn filter kolam rennag dari menunpuknya kotoran yang tersaring dalam filter. Sehingga proses penyaringan berjalan lancar dan sempurna.

Kesimpulan Dari Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri di Rumah Adalah Sebagai berikut

Setelah kita mengetahui 7 langkah praktis untuk merawat kolam sendiri dirumah. Dapat kita ambil kesimpulan secara garis besar bahwa sangat penting perawatan kolam renang itu. Selain itu juga penting untuk menjaga keindahan dan kesehatan lingkungan rumah anda.

Perlengkapan alat pembersihan secara lengkap :

Telescopic – merupakan sebuah tongkat kolam renang berukuran panjang standar 4,8m dengan diameter 1inch. memiliki dua section yang bisa dipendekan menjadi 2,4m. Koneksi alat ini berhubungan dengan vaccum head, leaf skimmer dan pool brush.

Vacuum Head – adalah media alat untuk bagian hisap dilantai kolam renang. Alat ini yang bekerja kera unsuk menyisir seluruh lantai dan dinding kolam.

Vacuum Hose – Merupakan sebuah selang untuk kolam renang yang di desain secara khusus dan fleksibel. Panjang selang ini bervariasi dari 9m sampai 15m.

Pool Brush – Merupakan alat berupa sikat lantai , dinding, pinggiran dan sikat kerak. Jika kolam yang sudah terlalu lama tidak di vacuum maka kotoran akan mengendap dan menjadi kerak. Sikat inilah yang digunakan untuk membersihkanya. Selain itu untuk membersihkan dari lumut yang tumbuh di keramik.

Leaf Skimmer – merupakan alat jaring daun dengan ukuran 30x40cm. Berguna untuk mengambil sampah daun dari kolam. Terutama bagi kolam yang dikelilingi banyak pepohonan. Tentu sangat membutuhkan skimmer ini

Test Kit – adalah alat pengetesan kadar CL dan pH air. Kolam renang dengan air yang sehat, bersih dan jernih adalah air yang kadarnya selalu terkontrol dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan pengetesan sebelum melakukan penambahan obat kolam.

Oh ya, jangan lupa pastikan kamu menggunakan jasa pembuatan kolam renang profesional untuk mewujudkan kolam renang impianmu, ya. Selamat bersantai di kolam renang idaman!

7 Langkah Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top